YOU CAN GET ALL

Sunday 20 March 2011

Starbucks Akan Menaikkan Harga Coffeenya. Kopi...

untaianberita

JAKARTA - Starbucks Corp menaikkan harga eceran untuk setiap cangkir kopi mereka hingga 12 persen. Ini dilakukan untuk menutupi biaya biji kopi yang mengalami kenaikan.

Di samping itu, pihak Starbucks mengklaim perusahaan yang identik berwarna hijau ini belum menaikkan harga kopi kemasan sejak Maret 2008. Starbucks menyatakan bahwa peningkatan harga yang terjadi di pasaran akan menyerap biaya lainnya, sehingga harus diambil tindakan untuk hal itu.

"Kami terus memantau dan mengevaluasi dengan hati-hati pergerakan harga kopi, meresponsnya dengan melakukan penyesuaian harga sehingga menyeimbangkan kebutuhan kita akan kopi sehingga dapat menjalankan bisnis secara efektif dan maksimal," ungkap pihak Starbucks, seperti dikutip dari Reuters, Minggu (20/3/2011).

Perkumpulan kopi terbesar di dunia mengatakan bahwa ada kenaikan harga kopi untuk pelanggan grosir. Mereka lah yang menyuplai kopi untuk merek-merek terbaik seperti Starbucks dan Seattle's Coffee.

Starbucks menaikkan harga kopinya menjadi USD9,99 dari harga awal USD8,99. Starbucks sendiri dikenal sebagai salah satu dari beberapa perusahaan pengolah kopi yang menaikkan harga akibat harga biji kopi terpukul.

Hal serupa juga dikatakan oleh JM Smucker Co, produsen Dunkin Donuts. Menurutnya, harga kopi telah meningkat beberapa kali selama setahun terakhir. Sementara itu, perusahaan lain yang juga membutuhkan biji kopi sebagai bahan bakunya seperti Sara Lee dan Kraft Food, juga telah menaikkan harga jualnya.

Diketahui, biji kopi, seperti komoditi yang lainnya memang tengah mengalami peningkatan. Berbagai analis menyatakan kenaikan tersebut disebabkan adanya permainan dari para spekulan di pasaran.(ade)

No comments:

Post a Comment