YOU CAN GET ALL

Wednesday 3 November 2010

FLORIDA SINKHOLE

untaianberita
Selasa, 13/07/2010 16:20 WIB
Laporan dari AS
Lubang Besar Menganga di Florida, Satu Mobil Ambles
Rita Uli Hutapea - detikNews


wtsp.com

Tampa - Sebuah lubang besar (sinkhole) menganga di dekat kampus utama University of South Florida (USF), Tampa, Florida, Amerika Serikat. Bahkan sebuah mobil ambles ke dalam sinkhole di area parkir kompleks kondominium tersebut.

Berdasarkan pantauan detikcom, lubang yang muncul sejak Minggu, 11 Juli waktu setempat itu terus menghiasi pemberitaan media lokal.

Menurut situs berita lokal, 10connects.com, lubang yang mengangga di Jalan 50th, sebelah timur kampus utama USF itu saat ini lebarnya diperkirakan sekitar 25 kaki (7,6 meter). Sedangkan kedalamannya pastinya tidak diketahui namun dipastikan lebih dari 17 kaki (5,2 meter). Lubang tersebut terus bertambah besar bahkan kini mobil yang terperosok ke dalam lubang tersebut sudah tak terlihat lagi.

Sebagian warga yang tinggal di kondominium tersebut memilih meninggalkan kediaman mereka karena mengkhawatirkan lubang yang terus membesar itu. Mereka sementara tinggal di hotel ataupun di rumah teman atau kerabat.

Menurut para pakar sudah terlambat untuk mengangkat mobil tersebut dari lubang. Sebab penggalian ataupun getaran dari alat-alat mesin akan menyebabkan lubang bertambah besar dan akan semakin mengancam struktur tanah di dekatnya.

Bagi warga Florida, kemunculan sinkhole bukanlah hal asing. "Itu sering terjadi di sini," kata Dr. Robert Dardenne, profesor Departemen Jurnalisme dan Studi Media USF.

"Bahkan di sini ada asuransi untuk mengcover kejadian seperti itu," ujar Dardenne kepada detikcom saat berbicang-bincang di kampus USF di St.Petersburg, Senin (12/7/2010). detikcom berada di AS dalam rangka program kunjungan internasional yang disponsori Deplu AS.

Ini bukan pertama kali lubang ataupun sinkhole menelan mobil-mobil di Florida. Pada tahun 1981 silam, sebuah sinkhole sedalam 100 kaki (30,5 meter) muncul di Winter Park dekat Orlando. Sinkhole tersebut menelan sebuah rumah dan sebagian gedung dealer mobil. Helikopter besar dikerahkan untuk mencoba mengangkat beberapa mobil mahal keluar dari sinkhole tersebut, namun kendaraan-kendaraan itu terus terperosok lebih dalam dan tak pernah terlihat lagi.

Menurut 10connects.com, setidaknya 30 sinkhole telah muncul di wilayah Tampa Bay dalam sepekan ini. Kemunculan sinkhole tersebut terkait dengan struktur tanah dan bebatuan di sejumlah wilayah di Tampa

No comments:

Post a Comment