YOU CAN GET ALL

Saturday, 21 August 2010

Warga Gunung Kidul Panik Diguncang Gempa

Sabtu, 21 Agustus 2010 20:29 WIB

GUNUNG KIDUL--MI: Sebagian warga Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, panik dan berhamburan keluar rumah setelah merasakan guncangan gempa bumi, Sabtu (21/8) pukul 18.41 WIB.

"Gempa terasa sangat kuat sampai dua kali, yang pertama guncangannya agak lemah, namun selang beberapa detik disusul guncangan kuat dan lebih lama dibandingkan guncangan pertama," kata Frans Edi di kompleks Bangsal Sewokoprodjo, Wonosari, Gunung Kidul.

Pada saat gempa sejumlah anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang berkantor di kompleks Sewoko Prodjo berhamburan keluar kantor sambil berteriak-teriak memberi tahu warga adanya gempa tersebut.

Sekretaris Kesatuan Bangsa Politik Perlindungan Masyarakat dan Penanggulangan Bencana (Kesbangpolinmas dan PB) Kabupaten Gunung Kidul Budi Harjo ketika dikonfirmasi mengatakan pihaknya sedang melakukan koordinasi dengan jajaran petugas penanggulangan bencana dan tim SAR Gunung Kidul terkait dengan gempa itu.

"Kami sedang melakukan koordinasi dengan petugas penanggulangan bencana dan tim SAR yang berada di beberapa lokasi untuk memastikan apakah gempa bumi itu menimbulkan korban atau tidak," katanya.

Pihaknya belum bisa memastikan ada atau tidak korban karena belum ada laporan yang masuk. "Namun, sampai saat ini belum ada laporan adanya korban jiwa maupun kerusakan bangunan akibat gempa tersebut," katanya.

Gempa bumi tektonik berkekuatan 5,0 skala Richter yang mengguncang wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan sekitarnya, Sabtu pukul 18.41.38 WIB itu, menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada 15 kilometer Tenggara Bantul, DIY.

Pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer, atau pada posisi 8.03 Lintang Selatan (LS) - 110.39 Bujur Timur (BT). Gempa ini, menurut BMKG tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Selain dirasakan warga Kabupaten Gunung Kidul, guncangan gempa ini juga dirasakan warga Kabupaten Bantul, Kota Yogyakarta, dan Kabupaten Sleman. (Ant/OL-2)

No comments:

Post a Comment