YOU CAN GET ALL

Friday, 20 August 2010

Pertamina Janji Beli Kapal Tanker Buatan Lokal

Solo - PT Pertamina (Persero) berkomitmen memprioritaskan pembelian produk-produk kapal tanker bahan bakar minyak (BBM) buatan lokal.

Pada tahun ini saja dari belasan kapal tanker yang dibutuhkan Pertamina selama lima tahun ke depan, untuk tahap pertama Pertamina akan memesan beberapa kapal tanker buatan galangan kapal nasional dengan nilai kurang lebih US$ 80 juta.

Hal ini disampaikan oleh Dirjen Industri Alat Transportasi dan Telematika Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Budi Darmadi di Solo, Jawa Tengah, Jumat malam (20/8/2010).

"Dengan adanya pendekatan intensif dari kementerian kita. Pertamina sangat mendukung," kata Budi.

Dikatakan Budi, industri galangan kapal nasional saat ini mendapat dukungan penuh dari Pertamina. Khusus untuk kapal-kapal tanker berbobot di bawah 50.000 death weight ton (DWT), galangan kapal lokal sudah bisa membuatnya di dalam negeri.

"Sekarang ini lagi proses lelang. Berasal dari beberapa galangan kapal nasional," katanya.

Ia menuturkan harga kapal dengan bobot hingga 20.000 DWT sekitar US$ 20 juta, sementara untuk kapal berbobot 6.500 DWT sekitar US$ 8 juta.

"Perputarannya gede, sehingga menyerap tenaga kerja (banyak)," kata.

Budi menambahkan saat ini Pertamina sedang memenuhi beberapa kebutuhan jenis kapal tanker Pertamina untuk beberapa jenis kapal. Kebutuhannya mencapai belasan selama lima tahun ke depan.

"Untuk tahap pertama saja, bisa mencapai US$ 80 juta," katanya.

Untuk memenuhi permintaan kapal dari kebutuhan Pertamina yang beragam. Industri galangan kapal nasional sedang menyiapkan teknologi kapal tanker pembawa elpiji yang saat ini belum bisa dibuat karena memerlukan teknologi tinggi.


Suhendra - detikFinance

No comments:

Post a Comment