YOU CAN GET ALL

Saturday, 21 August 2010

Desain realestat mengarah ke individual

JAKARTA: Tren desain hunian realestat dalam 2 tahun ke depan diperkirakan mengarah pada konsep individual sehingga keseragaman model dan desain hunian akan mulai ditinggalkan.

Ary Indra, arsitek dari Aboday Architects, yang banyak menggarap proyek hunian tinggal, mengatakan desain hunian ke depan akan sangat individual yang sesuai dengan karakteristik pemilik rumah, sehingga dalam satu perumahan akan banyak ragam desain yang muncul.

"Bahkan, untuk untuk hunian massal pun mungkin akan mulai dibuat sistem semicustom made, sehingga banyak pilihan bagi pembeli," katanya, hari ini.

Beralihnya tren desain hunian itu bisa disebut antiklimak dari perkembangan tren hunian yang dalam beberapa tahun belakangan ini mulai marak dengan desain minimalis dan merajai banyak proyek perumahan yang dikembangkan oleh pengembang dari kelas menengah hingga atas.

Menurut Ary, pergeseran desain menjadi anti trend itu akan banyak dimotivasi oleh konsep ramah lingkungan yang mengedepankan isu hijau, rumah kaca, dan hemat energi.

Perkembangan tren dan gaya dalam desain hunian sama pesatnya dengan perkembangan tren desain di bidang mode, fesyen, dan desain produk pada umumnya.

Dalam setiap perkembangan tren desain hunian selalu memiliki corak dan ciri khas yang sangat berbeda dengan tren sebelumnya. Dalam 4 tahun hingga 7 tahun belakangan, pasar banyak disuguhi desain minimalis dengan pilihan warna kontras dan tajam.(jha)

Oleh: Irsad Sati

No comments:

Post a Comment