YOU CAN GET ALL

Friday 11 February 2011

Soekarno sewaktu dipenjara di P Bangka

untaianberita



Selain karena keindahan pantai dan tambang timah yang cadangannya diperkirakan mencapai 366.000 ton, Pulau Bangka juga terkenal karena peranannya dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Tempat Soekarno-Hatta diasingkan ini pun menyimpan cerita mistis.

Sejarah Pulau Bangka yang kini masuk dalam wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, juga memancing rasa ingin tahu peserta Aku Cinta Indonesia (ACI) detikcom Rainer Oktovianus dan Lucia Nancy.

"Dulu aku belajar sejarah hanya dari buku, sekarang setelah aku menyaksikan langsung sampai 10 tahun pun akan melekat terus di
kepalaku," ujar Lucia yang akrab dipanggil Ucy ketika dihubungi detikcom,
Jumat (1/10/2010). "Barang-barang yang ada di sini masih otentik, masih banyak dokumen-dokumen sejarah juga di sini," timpal Rainer.

Tidak cuma cerita perjuangan Soekarno-Hatta saat pengasingan yang didapat. Cerita-cerita mistis pun menemani mereka berdua. "Kata Pak Tejo penjaga rumah ini, ada dua uang jaman dulu yang dapat melengkung sendiri kalau ditaruh di telapak tangan," ujar Rainer yang biasa dipanggil Better.

"Aku sih gak percaya sama hal-hal yang kayak gitu. Positive thinking aja. Aku melihatnya dari bahannya. Katanya uang jaman dulu memang bahannya bagus dan berkualitas. Kertasnya dari Perancis dan Belanda. Kalau dilihat dari sinar ultra violet, terdapat lafadz Allah di dalam uangnya," lanjut Better lagi.

"Katanya kalau orang jahat atau punya ilmu taruh uang itu di telapak tanggannya, uang itu akan jatuh mulu. Gak hanya itu orang yang punya niatan jelek pun gak akan bisa masuk ke kamarnya Bung Karno, seperti ada yang menghalangi gitu," timpal Ucy.

"Mesin mobil Bung Hatta juga sedikit mistis. Katanya kalau malam suka nyala sendiri. Tapi sekarang mesin itu sudah diambil dari mobilnya untuk diservis," cerita Better.

No comments:

Post a Comment