YOU CAN GET ALL

Wednesday 3 November 2010

SINKHOLE





untaianberita

Sinkhole
Dari Wikipedia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Untuk Perang tahun 1812 pertempuran, lihat Pertempuran Sink Hole. Untuk jenis dompet, lihat Dompet band # Swallet.
The Devil's Hole ambles dekat Hawthorne, Florida, Amerika Serikat.

Sebuah ambles, juga dikenal sebagai wastafel, kocok lubang, menelan lubang, swallet, doline atau cenote, adalah depresi alami atau lubang di permukaan bumi disebabkan oleh proses karst - pembubaran kimia batuan karbonat [1] atau suffosion proses [2 ] fe dalam batu pasir. Sinkholes dapat bervariasi dalam ukuran dari kurang dari 1 sampai 600 meter (3,3 hingga 2.000 kaki) baik dalam diameter dan mendalam, dan bervariasi dalam bentuk dari tanah berlapis mangkuk ke jurang landasan-bermata. Mereka mungkin terbentuk secara bertahap atau tiba-tiba, dan ditemukan di seluruh dunia. Istilah-istilah ini sering digunakan secara bergantian, meskipun banyak membedakan antara fitur aliran permukaan yang mengalir ke dalam dan fitur tanpa masukan seperti itu. Hanya mantan digambarkan sebagai sink, menelan lubang atau swallets.
Isi

* 1 Formasi mekanisme
* 2 Kejadian
* 3 lokal nama lubang
* 4 Piping Pseudokarst
* 5 Terkemuka lubang
* 6 Lihat juga
* 7 Catatan
* 8 Referensi
* 9 Pranala luar

[Sunting] mekanisme Formasi
Sinkholes dekat Laut Mati, dibentuk oleh pelarutan garam bawah tanah oleh air tawar yang masuk, sebagai hasil dari penurunan permukaan laut terus.
Jenis khusus ambles - dibentuk oleh air hujan bocor melalui trotoar dan membawa kotoran ke dalam pipa saluran pembuangan pecah.


Sinkholes mungkin menangkap drainase permukaan untuk menjalankan atau berdiri air, tetapi juga bisa terbentuk di lokasi saat ini tinggi dan kering.

Mekanisme pembentukan melibatkan proses alami dari erosi [3] atau penghapusan bertahap sedikit larut batuan dasar (seperti kapur) oleh meresap air, runtuhnya atap gua, atau menurunkan dari tabel air. Sinkholes sering formulir juga melalui proses suffosion. Jadi, misalnya, air tanah dapat melarutkan semen karbonat memegang batu pasir partikel bersama-sama dan kemudian membawa pergi partikel longgar, secara bertahap membentuk void.


Kadang-kadang sinkhole mungkin memperlihatkan pembukaan yang tampak ke dalam sebuah gua di bawah ini. Dalam kasus lubang yang sangat besar, seperti sinkhole Minyé di Papua New Guinea atau Cedar Tenggelam di Mammoth Cave National Park, Amerika Serikat, sebuah aliran atau sungai dapat terlihat di bagian bawah yang mengalir dari satu sisi ke sisi lain.

Para sinkholes adalah umum di mana batuan di bawah permukaan tanah atau batuan kapur karbonat lainnya, tempat tidur garam, atau batuan yang secara alami bisa dibubarkan oleh sirkulasi air tanah. Sebagai batu larut, ruang bawah tanah dan gua-gua berkembang. Sinkholes ini dapat menjadi dramatis karena permukaan tanah biasanya tetap utuh sampai tidak ada cukup mendukung. Kemudian, jatuhnya tiba-tiba dari permukaan tanah dapat terjadi.

Sinkholes juga terbentuk dari aktivitas manusia, seperti runtuhnya langka tapi masih sesekali tambang yang ditinggalkan di tempat-tempat seperti West Virginia, Amerika Serikat. Lebih umum, lubang terjadi di daerah perkotaan karena air istirahat utama atau selokan runtuh ketika pipa tua memberi jalan. Mereka juga dapat terjadi dari overpumping dan ekstraksi cairan air tanah dan bawah permukaan. Mereka juga dapat terbentuk ketika alam air drainase pola berubah dan baru air-pengalihan sistem dikembangkan. Beberapa sinkholes terbentuk ketika permukaan tanah berubah, seperti ketika industri dan limpasan-penyimpanan kolam yang diciptakan; berat substansial dari bahan baru dapat memicu runtuhnya bawah tanah bahan pembantu, sehingga, menyebabkan jurang.
[Sunting] Kejadian

Sinkholes biasanya tetapi tidak selalu dikaitkan dengan lanskap karst. Di daerah seperti itu, mungkin ada ratusan atau bahkan ribuan lubang di daerah kecil sehingga permukaan seperti yang terlihat dari udara tampak bercak-ditandai, dan tidak ada aliran permukaan karena drainase semua terjadi sub-permukaan. Contoh lanskap karst dihiasi dengan lubang yang sangat besar banyak yang Khammouan Mountains (Laos) dan Mamo Plateau (Papua New Guinea). [4] Largest dikenal lubang terbentuk pada batu pasir adalah Sima Humboldt dan Sima Martel di Venezuela [4].

sinkholes mengesankan Sebagian besar bentuk di lapisan tebal kapur homogen. Formasi ini difasilitasi oleh aliran air tanah yang tinggi, sering disebabkan oleh curah hujan yang tinggi - curah hujan tinggi seperti menyebabkan pembentukan lubang raksasa di Pegunungan Nakanaï, New Britain pulau di Papua Nugini [5]. Pada kontak dari batu gamping dan batuan tidak larut di bawahnya sungai-sungai bawah tanah ada bentuk yang kuat yang dapat membuat rongga bawah tanah yang besar.

Dalam kondisi tersebut telah membentuk lubang dikenal terbesar di dunia, seperti m 662 dalam Xiaozhai tiankeng (Chongqing, Cina), sótanos raksasa di Querétaro dan Luis Potosí San negara bagian di Meksiko dan lain-lain. [6], [4], [7 ].

Proses yang tidak biasa telah membentuk lubang besar Sistema Zacatón di Tamaulipas (Mexico) - di sini lebih dari 20 lubang dan formasi karst lain telah dibentuk oleh vulkanik dipanaskan, air tanah asam [8] [9]. Ini dijamin tidak hanya pembentukan ambles berisi air terdalam di dunia -. Zacatón, tapi juga proses yang unik sedimentasi travertine di bagian atas lubang, menyebabkan penyegelan lubang tersebut dengan tutup travertine [rujukan?]

Negara bagian Florida di Amerika Serikat dikenal karena lubang sering, terutama di bagian tengah negara. Daerah Murge di Italia selatan juga memiliki banyak lubang. Sinkholes dapat dibentuk di kolam retensi dari jumlah besar hujan. [Rujukan?]
The Great Blue Hole, yang terletak dekat Ambar Caye, Belize.

Sinkholes telah digunakan selama berabad-abad sebagai lokasi pembuangan untuk berbagai bentuk limbah. Konsekuensi dari hal ini adalah pencemaran sumber daya air tanah, dengan implikasi kesehatan yang serius di wilayah tersebut. Sebaliknya, peradaban Maya kadang digunakan lubang di Semenanjung Yucatán (dikenal sebagai cenote) sebagai tempat untuk deposit barang berharga dan pengorbanan. [Rujukan?]

sinkholes Banyak ditemukan di Northern Michigan. Ini adalah menonjol dalam Alpena County di Northeast Michigan. Dalam Lachine, Michigan ada lima lubang yang ditemukan sangat dalam dan dalam waktu 2 mil (3.2 km) dari satu sama lain. informasi pengunjung Alpena's mengutip lubang mereka sebagai daya tarik bagi pengunjung untuk daerah tersebut. Pada bulan Agustus 1998 anak laki-laki 16 tahun Alpena selamat dari 200 kaki (61 m) jatuh di lubang pembuangan terbuka 75 mil (1.2 km) dari jalan Leer di Lachine, Michigan. [10] Sebagian besar dari lubang di Alpena juga ditemukan di bawah air . Banyak penyelam mengeksplorasi secara teratur. [rujukan?]

Ketika sinkholes sangat mendalam atau tersambung dengan gua, mereka dapat menawarkan tantangan bagi caver berpengalaman atau, bila berisi air, penyelam. Beberapa yang paling spektakuler adalah cenote Zacatón di Meksiko (sinkhole terdalam di dunia yang diisi air), yang ambles Boesmansgat di Afrika Selatan, Sarisariñama tepuy di Venezuela, dan di kota Mount Gambier, Australia Selatan. Sinkholes yang terbentuk di terumbu karang dan pulau-pulau yang runtuh kedalaman besar yang dikenal sebagai Blue Holes, dan sering menjadi tempat penyelaman populer. [Rujukan?]
Gambar aliran air seluruh permukaan Sungai Alapaha dekat Jennings, Florida pergi ke sebuah lubang pembuangan yang menuju ke akuifer air tanah Floridan.

Sedimen overburden yang mencakup terkubur rongga dalam sistem akuifer yang halus diimbangi dengan tekanan air tanah fluida. Air bawah tanah sebenarnya membantu menjaga permukaan tanah di tempat. Memompa air tanah untuk penyediaan air perkotaan dan untuk irigasi dapat menghasilkan lubang baru di daerah rawan ambles. Jika pemompaan menghasilkan penurunan tingkat air tanah, maka kerusakan struktur bawah tanah, dan dengan demikian, lubang, dapat terjadi. [Rujukan?]
[Sunting] Nama Daerah lubang

Lubang besar dan visual yang tidak biasa telah dikenal masyarakat setempat sejak zaman kuno. Juga saat ini sinkholes dikelompokkan dan diberi nama pada situs tertentu atau nama generik. Beberapa contoh nama-nama tersebut [11]:

* Cenote. Karakteristik air mengisi lubang di Yucatán Peninsula, Belize dan beberapa daerah lain. Banyak cenote telah terbentuk di batu gamping yang diendapkan pada laut dangkal diciptakan oleh dampak meteorit Chicxulub.
* Tiankengs. Ini adalah lubang yang sangat besar yang lebih dalam dan lebih lebar dari 100 m, dengan dinding sebagian besar vertikal, yang paling sering dibuat oleh runtuhnya gua bawah tanah. Istilah ini diusulkan oleh ahli geologi Cina sebagai banyak lubang terbesar berlokasi di Cina. tiankeng terbesar adalah 662 m deep Xiaozhai tiankeng, yang juga merupakan ambles dikenal terbesar di dunia.
* Sótanos. Nama ini diberikan kepada beberapa lubang raksasa di beberapa negara bagian Meksiko. Yang paling terkenal adalah 372 m dalam Sótano de las Golondrinas - Gua Swallows.
* Biru lubang. Nama ini awalnya telah diberikan kepada lubang bawah air yang dalam Bahama tetapi sering digunakan untuk setiap lubang berisi air dalam dibentuk pada batuan karbonat. Nama berasal dari warna biru air di lubang tersebut, yang pada gilirannya diciptakan oleh kejernihan air yang tinggi dan kedalaman lubang besar - hanya warna biru dari spektrum yang terlihat dapat menembus kedalaman dan setelah kembali refleksi kembali. The ambles bawah laut yang paling dikenal adalah Dean's Blue Hole di Bahama.
* Lubang hitam. Kelompok bulat yang unik, air lubang diisi Bahama. Formasi tersebut tampaknya akan dilarutkan dalam lumpur karbonat dari atas, oleh air laut. warna Dark air disebabkan oleh lapisan mikroorganisme phototropic terkonsentrasi di padat, lapisan berwarna ungu dalam 15 - 20 meter kedalaman - lapisan ini "menelan" cahaya. Metabolisme dalam lapisan mikroorganisme penyebab pemanasan air - kasus hanya dikenal di dunia alam di mana mikroorganisme membuat efek termal yang signifikan. Yang paling mengesankan adalah Black Hole dari Andros [12].

[Sunting] Pseudokarst Piping

Apa yang telah disebut "ambles" oleh pers populer terbentuk tiba-tiba di Guatemala pada bulan Mei 2010. Hujan deras dari Agatha Badai Tropis dan sistem drainase yang buruk disalahkan untuk menciptakan 2010 "ambles" yang menelan sebuah bangunan tiga lantai dan rumah [13] Ini lubang vertikal besar diukur sekitar 66 kaki (20 m) lebar dan 100 kaki. ( 30 m) yang mendalam. Sebuah lubang yang sama telah terbentuk di dekatnya pada bulan Februari 2007. [14] [15]

Ini lubang vertikal besar, yang disebut "ambles" dalam pers populer, bukan ambles benar karena tidak membentuk oleh pembubaran salah satu dari batu kapur, dolomit, marmer, atau batuan karbonat lain [16] [17]. Guatemala Kota tidak underlain oleh batuan karbonat. Sebaliknya, deposito tebal abu vulkanik, tuf unwelded aliran abu, dan puing-puing piroklastik lainnya mendasari semua Guatemala City. Jadi, adalah mustahil untuk pembubaran batuan karbonat telah membentuk lubang vertikal besar yang menelan bagian dari Guatemala City pada tahun 2007 dan 2010 [16]..

Lubang besar yang menelan bagian dari Guatemala City pada tahun 2007 dan 2010 adalah contoh spektakuler dari "pipa pseudokarst", diciptakan oleh runtuhnya rongga besar yang berkembang pada, deposito sangat lemah gembur vulkanik Kuarter yang mendasari kota. Meskipun lemah dan gembur, endapan gunung api ini memiliki kohesi cukup untuk memungkinkan mereka berdiri di wajah vertikal dan mengembangkan void bawah tanah besar dalam diri mereka. Awalnya, proses yang disebut "tanah perpipaan" dibuat void bawah tanah besar air dari kebocoran pipa-pipa air mengalir melalui endapan gunung api dan awalnya dicuci bahan vulkanik baik dari mereka dan kemudian semakin terkikis dan dihapus bahan kasar. Akhirnya, void bawah tanah ini menjadi cukup besar sehingga atap rumah mereka runtuh untuk membuat lubang besar [16]..
[Sunting] lubang Terkemuka

Beberapa lubang terbesar dan paling mengesankan di dunia adalah [4]:

* Xiaozhai tiankeng - Kota Chongqing, Cina. Double nested ambles dengan dinding vertikal, 662 m deep.
* Dashiwei tiankeng - Guangxi, Cina. 613 m dalam, dengan dinding vertikal, bawah berisi patch terisolasi hutan dengan spesies langka.
* Danau (Kroasia) Red - Kroasia. Sekitar 530 m lubang yang dalam dengan dinding hampir vertikal, berisi sekitar 280-290 m danau mendalam.
* Minyé ambles - East New Britain, Papua New Guinea. Mendalam 510 m, dengan dinding vertikal, dilintasi aliran kuat.
* Sótano del Barro - Querétaro, Meksiko. Mendalam 410 m, dengan dinding-dinding hampir vertikal.
* Gua Swallows - San Luis Potosí, Meksiko. 372 m deep, bulat ambles dengan dinding menggantung.
* Zacatón - Tamaulipas, Meksiko. Terdalam berisi air sinkhole di dunia, 339 m deep. Floating pulau travertine.
* Sima Humboldt - Venezuela. Sinkhole Terbesar di batu pasir, 314 m dalam, dengan dinding vertikal. Unik, terisolasi hutan di bawah.
* Teiq ambles - Oman. Salah satu lubang terbesar di dunia dengan volume - 90 juta meter kubik. wadi abadi Beberapa jatuh dengan air terjun yang spektakuler ke ini ambles sedalam 250 m.
* Dean's Blue Hole - Bahama. Paling dikenal sinkhole bawah laut, kedalaman 203 m. Populer lokasi kejuaraan dunia menyelam bebas.
* Blue Hole (Laut Merah) - Dahab, Mesir. Sebuah ambles bulat atau biru lubang, 130m dalam. Termasuk lengkungan luar biasa menuju ke Laut Merah di 60m, terkenal untuk freediving upaya, sering fatal. Juga melihat Bell's untuk menyelam hanyut Blue Hole.
Great Blue Hole * - Belize. Spektakuler, bulat ambles, 124 m deep. fitur yang tidak biasa yang miring stalaktit secara mendalam besar, yang menandai orientasi mantan lapisan kapur ketika ambles ini di atas tingkat air.

No comments:

Post a Comment