YOU CAN GET ALL

Monday 8 November 2010

SBY-OBAMA AKAN JALIN BIDANG VULKANOLOGI

untaianberita

Indonesia-AS Akan Jalin Kerja Sama Bidang Vulkanologi

Indonesia-AS Akan Jalin Kerja Sama Bidang Vulkanologi

J

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Indonesia dan Amerika Serikat sepakat untuk menjalin kerja sama di bidang vulkanologi yang akan dibahas dalam kunjungan Presiden Amerika Serikat Barack Obama ke Indonesia, 9-10 November 2010.

"Kedua pihak (Indonesia dan Amerika Serikat, red) banyak berkomunikasi tentang kerja sama di bidang vulkanologi," kata Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat, Dino Patti Djalal, di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin.

Menurut Dino, pembahasan kerja sama di bidang vulkanologi itu dilakukan hingga Senin (8/11) atau sehari sebelum Obama tiba di Jakarta.

Dia menjelaskan, Amerika Serikat memiliki badan bernama "United States Geological Survey" (USGS). Badan itu aktif dalam setiap penelitian di bidang geologi.

Menurut Dino, USGS juga sering melakukan penelitian gunung api, terutama di kawasan Hawai. Badan tersebut juga biasa bekerjasama dengan sejumlah peneliti dari negara-negara maju, misalnya Jepang.

Pihak Amerika Serikat, kata Dino, akan mengirimkan sejumlah peneliti ke Indonesia. Mereka akan bekerjasama dengan para peneliti tanah air untuk meneliti fenomena gunung api di Indonesia.

Dino menegaskan, kerja sama kedua negara dalam bidang vulkanologi itu dilatarbelakangi oleh bencana letusan Gunung Merapi yang telah merenggut korban di Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Dipastikan datang

Pada kesempatan itu, Dino memastikan Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan tetap datang ke Indonesia.

"Persiapannya sudah matang," katanya.

Dino menjelaskan, Obama akan tiba di Indonesia pada Selasa (9/11) sore. Presiden Amerika Serikat itu akan langsung menuju komplek Istana Kepresidenan, Jakarta.

Di Istana, Obama akan menghadiri pertemuan bilateral dalam format kecil yang akan berlangsung sekitar 30 menit. Setelah itu akan digelar pertemuan bilateral yang lebih besar, dan dihadiri oleh sejumlah pejabat dari kedua negara.

Kemudian, Presiden Yudhoyono dan Obama akan menggelar konferensi pers bersama di halaman tengah komplek Istana Kepresidenan. Acara kemudian dilanjutkan dengan jamuan makan malam kenegaraan.

Keesokan harinya, Obama akan mengunjungi Masjid Istiqlal. Setelah itu, dia akan menabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Obama akan mengakhiri kunjungan di Indonesia dengan menggelar pidato di Universitas Indonesia, Depok.

No comments:

Post a Comment