YOU CAN GET ALL

Tuesday 9 November 2010

Organisasi UFO di Indonesia Yang Pernah Ada

untaianberita

Organisasi atau kelompok pengamat UFO yang ada (pernah ada) di Indonesia

Jika Anda mengetahui atau bahkan Anda pernah mendirikan atau bergabung dalam sebuah kelompok pengamat UFO, silahkan hubungi BETA-UFO agar turut dicantumkan di halaman ini.


J. SalatunSUFOI

SUFOI (Studi UFO Indonesia) didirikan oleh J. Salatun, perintis bidang angkasa luar di Indonesia, beralamatkan di Kotak Pos 76 Tebet, Jakarta Selatan. Banyak melakukan pendataan dan penelitian mengenai fenomena UFO di Indonesia. Tidak jelas apakah organisasi ini masih ada hingga kini, namun keberadaannya dikenal melalui buku yang ditulis oleh J. Salatun, "UFO Salah Satu Masalah Dunia Masa Kini" yang diterbitkan oleh Yayasan Idayu, Jakarta (1982).

Jika Anda mengetahui informasi lebih detail mengenai SUFOI, mohon kontak kami. Terima kasih.


OMEGA

OMEGA (organisasi Masyarakat Eksplorasi Gejala Antariksa) dibentuk oleh Nur Agustinus semasa SMP di tahun 1979 di Surabaya. Bertujuan untuk meneliti tentang UFO dan mengungkap rahasia piring terbang. Selain mengadakan penelitian tentang UFO, juga melakukan eksperimen peluncuran roket waktu SMA di bawah bimbingan Ir. Pradipto (alm), dosen MIPA Unika Widya Mandala. Pernah menerbitkan satu edisi majalah OMEGA. Beberapa orang yang juga berperan waktu itu adalah Ali Suryanto, Wiranto Budisusetyo (alm), Raymond Manuputty, Richard Santoso dan Sulivan Candra. Pernah menjalin kerja sama dengan majalah Liberty yang terbit dari Surabaya dengan mengisi artikel-artikel tentang UFO. OMEGA secara kelompok tidak melakukan kegiatan lagi setelah tahun 1983.


SCUFOS

Didirikan oleh Hary Iswanto pada tanggal 10 April 1995. Scientific Forum for UFO Studies, disingkat dengan SCUFOS, awal berdirinya didasari untuk menggali lebih dalam UFO berserta permasalahannya, tentu saja dari sudut scientific. Organisasi ini hanya mempunyai sedikit anggota, dan hanya dua orang yang benar-benar menguasai permasalahan UFO berserta seluk-beluknya. Sedang yang lainnya kebanyakan hanya sekedar ingin tahu saja. Sayangnya, kegiatan organisasi ini sekarang vacum karena para pendiri sudah tidak lagi menjalani studi dan telah lama kehilangan kontak satu sama lain.


BETA-UFO

BETA-UFO didirikan tanggal 26 Oktober 1997 oleh Nur Agustinus dengan tujuan meneliti masalah UFO, mendata penampakan UFO di Indonesia, dan kemudian menganalisa dan mempelajarinya. Untuk mempermudah informasi, BETA-UFO mempergunakan internet untuk komunikasinya. Namun bukan berarti organisasi BETA-UFO hanya berlaku bagi pemerhati masalah UFO yang memiliki akses internet saja, melainkan berusaha menjangkau segala lapisan masyarakat dengan menggunakan berbagai media komunikasi yang ada. Beberapa orangyang juga berperan dalam pembentukan BETA-UFO di internet adalah Bayu Yunantias Amus, Sandy Suharjono, Dr. Asmedi Suripto, Adiwidya Imam Rahayu, I.G.B. Suaryana, Lafin Hari Prayudhi, Agung Kus Sugiharto, Okky Hutapea, G.B.Rahardjo, Jusup Sukatendel dan Krishna. Tanggal 26 Oktober 1997 dianggap sebagai hari lahirnya BETA-UFO sebab saat itu untuk pertama kali BETA-UFO memiliki mailing list sendiri meski terbatas (sebelumnya bertemu dalam mailing list nusa-xfiles@nusanet.com yang kemudian atas upaya Bayu Yunantias Amus, tidak sampai satu bulan kemudian telah mempunyai mailing list di server ITB yang kemudian pada tanggal 21 Januari 1999 pindah ke yahoogroups.


BETA-UFO PONTIANAK

Rudy Fransiskus adalah pendiri BETA-UFO Pontianak yang beralamatkan di Gg. Bimasakti V/12 Pontianak 78241. BETA-UFO Pontianak berdiri sejak bulan Juli 1999. Pada tanggal 28 Agustus 1999 meluncurkan situs BETA-UFO Pontianak. Sayangnya situs ini saat ini sudah tidak ada lagi. Kontak email Rudy Fransiskus.


UFOSIANA

Ufosiana membahas mengenai penampakan UFO di Indonesia, asal-usul mereka, serta kemungkinan keterkaitan dengan budaya/legenda masyarakat. Grup ini khusus membahas serba-serbi keberadaan UFO / piring terbang dan fenomena misterius terkait di Indonesia. Dari masa kini, masa lampau, dan (mungkin) masa depan. Mari saling berbagi informasi dan ilmu untuk memajukan penelitian fenomena UFO di Indonesia. Didirikan oleh Bayu Yunantias Amus.

http://ufosiana.multiply.com/


Fan Fan F DarmawanGREY RACE FOUNDATION

Didirikan (tahun 2004) dan dikelola oleh Fan Fan F Darmawan, berbasis di Bandung. Acara rutinnya berupa temu darat dan open-house terhadap khalayak umum, terutama dari kalangan remaja dan pelajar. Grey Race Foundation-Bandung pernah tampil di Metro-TV dalam segmen acara yang mengupas UFO. Mempunyai misi menyampaikan informasi yang berimbang tentang U.F.O (Unidentified Flying Object), alien, science-fiction, arkeologi aneh, kasus misterius, filsafat aneh, dan sejarah heavy metal. Informasi ini bisa didapat dengan cara membuat first-contact dengan pemilik Grey Race Foundation, Fan Fan F Darmawan, melalui e-mail ke greyrace_id@yahoo.com, atau kirim SMS ke 08156076562.

http://greyrace.multiply.com/


HasraldiIUFOH

IUFOH (Indonesia UFO Hunter) didirikan oleh Hasraldi, seorang pengacara, yang bertujuan untuk membentuk suatu komunitas yang bukan hanya peduli pada fenomena UFO yang terjadi di Dunia saja akan tetapi suatu group yang juga mau dan berkeinginan sama untuk membentuk suatu team peneliti UFO langsung yang terjun di lapangan khususnya mencari dan membedah serta mendokumentasikan ufo-ufo yang ada di Indonesia. Bertujuan agar nantinya dapat membuktikan kebenaran (secara ilmiah) eksistensi dari UFO yang sebenarnya sangat banyak telah mengunjungi Indonesia. Memiliki sebuah mailing list di yahoogroups bernama IUFOH yang dibentuk pada tanggal 2 September 2006.


Michael GumelarUFO-IC

UFO-IC atau UFO Indonesian Community dibentuk oleh Michael Gumelar dalam bentuk sebuah mailing list di yahoogroups pada tanggal 25 Januari 2007. Bertujuan sebagai tempat berkumpulnya pengamat, peneliti, pemerhati, penghobi UFO dan segala hal yang berhubungan dengan UFO. Bertujuan menjadikan UFO sebagai ajang pemersatu dan tidak membuat UFO sebagai pelarian sebagai agama baru.


UFONESIA

Ufonesia berdiri pada tanggal 10 Januari 2008. Didirikan oleh Muhammad Irfan di Bandung dan berNetworking di BETA-UFO. Ufonesia mempunyai misi yaitu mencari dan membuktikan keberadaan tentang penampakan-penampakan UFO di Indonesia serta memberikan edukasi terhadap masyarakat luas tentang ufologi.


No comments:

Post a Comment