YOU CAN GET ALL

Thursday 4 November 2010

Hati Sang Gubernur Kudu Ke Jerman

untaianberita

Mentawai hancur, gubernur pilih ke jerman

Padang - Kunjungan kerja Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno ke Jerman dibenarkan pihak Pemerintah Provinsi Sumbar. Kunjungan Irwan itu untuk menggalang investor menanamkan modal di tanah Minang itu.

"Memang benar Gubernur Sumatera Barat sejak kemarin berangkat ke Jerman. Keberangkatan ini untuk menjalankan agenda gubernur yang sebelumnya. Agenda ini merupakan promosi bisnis untuk menarik investor Jerman menanamkan investasi di Sumatera Barat," ujar Kepala Bagian Humas Pemprov Sumbar Erdi Janur ketika dikonfirmasi detikcom, Rabu (3/11/2010).

Kerjasama Pemprov Sumbar dan Jerman ini sudah dilakukan sejak lama. Irwan, menurut Erdi, akan berada di Jerman selama 5 hari.

Mengingat Sumbar baru tertimpa bencana tsunami, sehingga Irwan juga akan memaparkan tanggap darurat menangani kasus tsunami di Mentawai.

"Tapi bukan berarti Gubernur mencari dana bantuan ke sana. Karena kita baru tertimpa musibah Gubernur akan mengekspose kondisi Mentawai. Tetap saja intinya keberangkatan Gubernur untuk mencari investor di Jerman," tegas Erdi.

Erdi mengakui keberangkatan ini menimbulkan pro dan kontra. Namun dia menyebutkan bahwa masalah tanggap darurat di Mentawai sepenuhnya menjadi tanggung jawab wakil gubernur dan pihak lain. Semua keputusan tetap akan berkoordinasi dengan gubernur asal PKS itu sekalipun ada di Jerman.

"Ya bukan kita mengabaikan masalah bencana ini tapi agenda ini sudah lebih dulu ada. Tanggap darurat tetap kita laksanakan di daerah namun kita harus tetap juga mencari peluang-peluang investasi yang tujuannya juga untuk daerah. Jangan gara-gara kondisi seperti ini semua agenda mendatangkan investasi jadi terhenti," jelas Erdi.

Dan menurutnya keberangkatan Gubernur ini sudah mendapat izin dari Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi. Karena bagaimana pun keberangkatan kepala daerah ke luar negeri dalam rangka kerja atau tugas harus mendapat izin dari Mendagri.

"Mendagri sudah menyetujui atas agenda gubernur ke Jerman," ujar Erdi.

Dia menegaskan, sampai saat ini tanggap darurat masih berjalan normal dan Pemprov Sumbar di bawah pimpinan Wagub Uslim Kasim bersama relawan bahu membahu menanggulangi bencana tsunami di Mentawai yang menewaskan lebih 400 orang.

http://www.detiknews.com/read/2010/1...-cari-investor

No comments:

Post a Comment