YOU CAN GET ALL

Wednesday 3 November 2010

Gn Gamalama Ternate

untaianberita

Gunung Gamalama Ternate Mulai Keluarkan Asap Tebal

Ternate (ANTARA) - Gunung Gamalama di Ternate, Maluku Utara (Malut), Rabu, mulai mengeluarkan asap tebal setinggi lima hingga 10 meter dari permukaan, menyusul ditetapkannya status waspada.

"Kondisi Gunung Gamalama statusnya level II atau waspada, bahkan saat ini telah mengeluarkan asap hingga 10 meter di atas permukaan, seiring kegiatan Gunung Gamalama yang menunjukkan peningkatan," kata Ketua Pos Pengamatan Gunung Gamalama, Darno Lamane di Ternate, Rabu.

Darno mengatakan, Gunung Gamalama juga sudah mengeluarkan asap tebal setinggi 250 meter dan mengarah ke barat dan utara, akan tetapi tidak sampai mengganggu aktivitas masyarakat setempat.

Ia mengatakan, masyarakat dan pendaki untuk sementara waktu dilarang mendekati kawah puncak Gunung Gamalama, hingga radius 2 kilometer, menyusul adanya peningkatan kegiatan Gunung Gamalama beberapa pekan terakhir ini.

"Sejak tanggal 29 Oktober 2010, memang ada peningkatan kegiatan Gunung Gamalama, sehingga warga dan pendaki diharapkan untuk tidak mendekat di sekitar gunung itu," katanya.

Pengamatan secara visual maupun dengan alat pemantau seismograf menunjukkan tetap tidak mengubah status Gunung Gamalama yang berada pada level II atau waspada.

"Sejauh ini belum ada peningkatan, tapi tidak mengubah statusnya yang masih berada di level II," katanya.

Seiring dengan itu, pos pengamatan Gunung Gamalama mengeluarkan beberapa maklumat kepada seluruh masyarakat, di antaranya kepada pendaki, pengunjung maupun masyarakat untuk sementara waktu hingga batas waktu yang tidak ditentukan dilarang untuk mendekati kawah puncak gunung hingga radius 2 kilometer.

Pemprov Malut selaku Satkorlak dan Pemkot Ternate selaku Satlak juga diminta untuk lebih membangun koordinasi secara intensif dengan pihak Pos Pengamatan Gunung Gamalama, terkait dengan status gunung yang kini masuk di level II.

Selain itu, Pusat Vulkanologi dan Navigasi Bencana Geologi (PVMBG) juga diharapkan selalu berkoordinasi dengan Satlak dan Satkorlak Provinsi Maluku Utara tentang aktivitas Gunung Gamalama.

Status Gunung Gamalama berada pada level waspada sejak tahun 2007, namun terus berfluktuasi antara waspada dan normal hingga saat ini.

No comments:

Post a Comment