YOU CAN GET ALL

Wednesday 3 November 2010

Gn Anak Krakatau

untaianberita

Kegempaan Gunung Anak Krakatau Capai 722 Kali


Kegempaan Gunung Anak Krakatau Capai 722 Kali

Cinangka, Banten (ANTARA) - Kegempaan Gunung Anak Krakatau (GAK) pada Selasa (2/11) mencapai 722 kali, jumlah tersebut lebih kecil di Hari Senin sebanyak 729 kali.

"Jumlah kegempaan yang terjadi di GAK masih kisaran 700, dan untuk hari ini data yang ada belum terekap dan dikalkulasikan," kata Kepala Pos Pemantau GAK di Desa Pasauran, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Anton S Pambudii.

Secara terinci jumlah kegempaan pada Selasa kemarin, untuk vulkanik dangkal (VA) berjumlah 6, vulkanik dalam 27, letusan 220 kali, tremor 219.

"Kami tidak bisa memprediksi, untuk hari-hari berikutnya, tetapi kami harap aktivitasnya bisa normal seperti sebelumnya, sehingga tidak ada lagi kepanikan warga," katanya menjelaskan.

Sedangkan untuk hari Senin (1/11), jumlah kegempaan GAK, dari 729, dengan rincian VB 31, VA 221, letusan 178, tremor 151 dan hembusan 148 kali.

"Untuk ketinggian asap rata-rata 100 sampai 1.700 meter, dengan warna kelabu kehitam-hitaman yang menggumpal," katanya menambahkan.

Sementara itu masih menurut Anton, sampai saat ini pihaknya masih melarang warga untuk mendekat ke GAK di radius dua kilometer.

"Kami masih terus menghimbau kepada warga, nelayan atau siapapun agar tidak mendekat ke GAK sampai dua kilometer, karena pada radius tersebut sangat berbahaya," katanya menambahkan.

Diketahui, sejak status GAK naik levelnya, dari satu menjadi level dua, dari perut gunung tersebut selain mengeluarkan material batu, juga menyemburkan gas beracun.

No comments:

Post a Comment