YOU CAN GET ALL

Sunday, 24 October 2010

Sempat Dikabarkan Hilang di Semeru, Matthew Hanya Luka Lecet Saat Ditemukan


Santi Rahayu - detikSurabaya


Lumajang - Matthew Nemar Alexander (24), pendaki asal New York, Amerika Serikat, setelah sebelumnya dinyatakan hilang, tiba di Posko TNBTS Ranu Pane Kecamatan Senduro, Lumajang sekitar pukul 13.30 WIB. Meski tubuhnya sehat, Matthew mengalami luka lecet karena tergores duri di bagian punggung kanannya.

Matthew yang mampu jalan kaki menuju ke Posko TNBTS yang dikawal tim gabungan SAR, kini sedang membersihkan badannya yang kotor di home stay milik Kepala Desa Ranu Pane Thomas Hadi Sanjaya.

"Saat ini Matthew sedang makan-makan dan membersihkan tubuhnya. Kami belum bisa memastikan jam berapa turun menuju ke Lumajang. Dan saat ini kita sedang berbincang-bincang santai untuk menanyakan pengalamannya selama tersesat," kata Kepala Bidang Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II TNBTS Lumajang, Ir Anggoro Dwi Sujiarto kepada detiksurabaya.com di sela-sela menemani Matthew, Senin (30/8/2010).

Dia menambahkan, dari hasil pemeriksaan medis yang dilakukan di posko Ranu Pane kondisi Matthew dinyatakan bugar dan tidak mengalami hypotermia karena kedinginan dan sepanjang evakuasi dilakukan sejak ditemukan di persimpangan puncak Arcopodo blank 75, pria yang tersesat sejak Sabtu (28/8/2010) pukul 19.00 WIB, mampu berjalan kaki tanpa ditandu oleh tim SAR.

Sementara menurut Koordinator Tim SAR TNBTS Tuwangkat, pertama kali Matthew ditemukan terlihat seperti orang kebingungan. Bahkan Matthew terlihat kelaparan karena bekalnya habis. Saat tim SAR melihat sosok Matthew dari kejauhan, mereka langsung meneriakinya.

"Saat itu kami melihat wajahnya gembira, meski saya melihat Matthew kelaparan. Kami langsung menawarkan 6 gelas teh hangat dan langsung dihabiskan saat itu juga," jelas Tuwangkat.

Setelah mengisi perut dengan teh hangat, Matthew langsung dibawa ke posko Kalimati. Di posko itulah Matthew diberi makanan yang telah disediakan. Setelah diberi kesempatan istirahat hingga pagi hari dan melanjutkan perjalanan ke posko Ranu Pane.
(fat/fat)untaianberita

No comments:

Post a Comment