YOU CAN GET ALL

Friday, 15 October 2010

Kabut Asap Tutupi Dumai

untaianberita

REPUBLIKA.CO.ID,DUMAI--Kabut asap yang diduga sisa dari kebakaran hutan dan lahan menutupi Kota Dumai, Riau, Sabtu dini hari, sekitar pukul 01.00 WIB. Hasil pantauan, menyebutkan, kabut asap yang cukup tebal hampir menutupi semua wilayah di Dumai dengan jarak pandang kurang dari 1.000 meter.

Seorang pedagang minuman berkedai gerobak yang berada di Jalan Ombak, Ismail (48), mengatakan, kabut bercampur asap ini mulai terjadi pada tengah malam, sekitar pukul 00.00 WIB. "Waktu pertama turun, mulanya tipis. Tapi semakin lama semakin tebal," terangnya.

Menurutnya, sejak empat pekan terakhir, kabut asap kembali muncul pada Sabtu dini hari ini. Sementara Samsul (23), seorang pedagang rokok yang kerap mangkal di Jalan Kelakap Tujuh, mengatakan, kabut asap yang menutupi Dumai ini tidak hanya membuat jarak pandang terbatas, tapi juga membuat pernafasan sesak dan mata perih. "Kabut asap ini sangat kuat sekali aroma kebakarannya, sehingga nafas sesak dibuatnya, selain itu, mata juga terasa perih," ungkapnya.

Samsul berharap, pemerintah segera melakukan penanggulangan dini atas kabut asap yang menurutnya dapat berdampak buruk bagi kesehatan. "Seperti biasa, kami minta pemerintah membagikan masker gratis. Ya, kalau bisa jumlahnya lebih banyak lagi. Terus perobatan gratis bagi para korban asap menyengat ini," pintanya.

Berdasarkan data sebelumnya, kabut asap terakhir kali menutupi Kota Dumai pada pertengahan Sebtember 2010. Wakil Wali Kota Dumai, Agus Widayat, kabut asap yang muncul merupakan asap kiriman dari kabupaten tetangga yang lahan gambutnya terbakar pada saat musim kemarau tiba.

No comments:

Post a Comment