YOU CAN GET ALL

Saturday, 21 August 2010

Blu-ray siapkan format baru DVD

Blu-ray berambisi menggantikan format DVD dalam tiga tahun ke depan. Perusahaan itu juga yakin akan menjadi satu-satunya format DVD generasi berikutnya yang mampu bertahan hingga menjelang akhir tahun.

Demikian disampaikan Ketua Blu-ray Disc Association (BDA) Eropa, Frank Simonis, di ajang pameran teknologi CeBIT yang digelar di Jerman.

“Dalam waktu tiga tahun, hanya tinggal Blu-ray yang akan mampu bertahan,” ujar Simonis, seperti dilansir dari games.techwhack.com. Ambisi itu juga diperkuat banyaknya pengapalan konsol video game PlayStation 3 (PS 3) yang dilengkapi drive Blu-Ray. Sementara Betanews seperti dikutip detikinet, melansir, sedikitnya lebih dari 1,8 juta PS3 telah dikapalkan ke Amerika Serikat (AS) dan Jepang.

Menyusul sebanyak 1 juta PS 3 akan dikapalkan ke Eropa minggu depan. Sekadar informasi, PS3 memakai komponen laser dioda biru yang digunakan sebagai komponen Bluray.

Selain itu, teknologi Blu-ray juga menawarkan kapasitas penyimpanan lima kali lebih banyak ketimbang DVD. Hal ini diyakini menjadikan Blu-ray sebagai media terbaik untuk menyimpan film-film berdefinisi tinggi dan konten lainnya.

Blu-Ray menjanjikan kapasitas penyimpanan sebesar 27 gigabyte (GB) untuk single-layer dan 50 GB untuk dual-layer discs. Di lain sisi, HD DVD juga menawarkan kapasitas yang tak kalah besarnya, yakni 15 GB untuk single layer dan 30 GB pada dual-layer. Toshiba kabarnya juga tengah mengembangkan format triple-layer dengan kapasitas 45 GB.

Untuk mengalahkan dominasi Blu-ray, dua pendukung utama HD DVD -Toshiba dan Microsoft-, saat ini disinyalir tengah gencar membantu studio film yang lebih kecil untuk bermigrasi ke format HD DVD. knet/zal

No comments:

Post a Comment