YOU CAN GET ALL

Saturday 7 May 2011

Ikada News

Ikada News


Reload this Page X-News: Gloomy Sunday, Sebuah Lagu Pembawa Kematian

Posted: 07 May 2011 06:48 PM PDT

IkadaNews - Gloomy Sunday, terkenal sebagai lagu bunuh diri .Setelah mendengar lagu tersebut, siapapun yang mendengarnya akan merasa ingin mengakhiri hidupnya..Ada apa sebenarnya dibalik lagu ini...?

Gloomy Sunday
Lagu Gloomy Sunday yang judul aslinya Szomorú Vasárnap atau dalam bahasa Indonesianya Minggu Yang Kelam tercipta pada tahun 1933 dan merupakan karya dari seorang komposer dan pemain piano autodidak dari Budapest, Hungaria, bernama Rezső Seress. Lagu ini terkenal sebagai lagu pengiring kematian pada era itu, karena banyak yang telah menjadi korban bunuh diri karena seolah-olah terhipnotis setelah mendengar lagu tersebut. Rezső Seress sang penciptanya juga meninggal akibat bunuh diri pada tahun 1968.

Rezső Seress

Rezső Seress diberitakan bunuh diri pada tahun 1968 di hari Minggu dengan meloncati jendela apartemen dari tempat tinggalnya. Dikatakan, Rezső Seress bunuh diri karena menyadari bahwa setelah Gloomy Sunday meledak jadi hit pertamanya di berbagai negara, dia berpikir bahwa dia tidak akan pernah lagi bisa menciptakan hit seperti itu untuk yang kedua kalinya. Makanya dia berniat untuk mengakhiri hidupnya. Apakah ada alasan lain dibalik kematiannya...? Who knows....?
Lagu ini telah diterjemahkan kedalam beberapa bahasa seperti Bahasa Inggris, Perancis, Finlandia, dan Spanyol, dan telah dirilis dalam 7 versi oleh 56 penyanyi yang berbeda termasuk diantaranya versi Heather Nova, Bjork, Ray Charles, Sarah Brightman dan Sinead O'Connor, versi Billie Holliday-lah yang membuat lagu ini sangat terkenal dan pada akhirnya menjadi versi standard interpretasi Gloomy Sunday, yang liriknya dibawah ini.

Sunday is gloomy,
My hours are slumberless
Dearest the shadows
I live with are numberless
Little white flowers
Will never awaken you
Not where the black coaches
Sorrow has taken you
Angels have no thoughts
Of ever returning you
Wouldn't they be angry
If I thought of joining you?

Gloomy sunday
Gloomy is sunday
With shadows I spend it all
My heart and I have decided
To end it all
Soon there'll be candles and prayers
That are said I know
But let them not weep
Let them know
That I'm glad to go
Death is no dream
For in death I'm caressi'n you
With the last breath of my soul
I'll be blessin' you

Gloomy sunday
Dreaming
I was only dreaming
I wake and I find you asleep
In the deep of my heart here
Darling I hope
That my dream never haunted you
My heart is tellin' you
How much I wanted you
Gloomy sunday
("Gloomy Sunday" performed by Billie Holliday)


Lagu Gloomy Sunday ini sebenarnya merupakan soundtrack dari sebuah film yang cukup populer. Filmnya berjudul sama dengan judul lagu soundtracknya, yaitu film yang menceritakan tentang sebuah hubungan segitiga seorang wanita pemilik restaurant di Hungaria. Dalam film Gloomy Sunday tersebut juga diceritakan tentang beberapa kasus bunuh diri yang diakibatkan oleh lagu ini.


Di tahun 1997, Billy Mackenzie penyanyi yang merekam lagu Gloomy Sunday di tahun 1982 juga mati bunuh diri di dekat rumah ayahnya.
Bahkan, katanya apabila lagu Gloomy Sunday ini dimainkan tanpa lirik (suara penyanyi) atau hanya berupa instrumental saja maka pendengarnya akan tertidur berat dan mengalami mimpi buruk yang kelihatan nyata sekali.
Di negeri asalnya sendiri, Hungaria, lagu ini dilarang keras untuk beredar karena telah meyebabkan meningkatnya gelombang bunuh diri di Negara tersebut.
Lagu gloomy sunday sendiri hilang dari peredaran dan menjadi terlupakan, semenjak adanya perang adolf hitler di tahun 1930-an, lagu ini dimusnahkan, dan versi aslinya sudah tidak ada lagi, mengingat banyak yang telah menjadi korban dari lagu ini. Dalam siaran Radio BBC lagu tersebut dilarang keras untuk diudarakan.

Apakah ada hubungan antara lagu / musik sehingga dapat mempengaruhi otak manusia?


http://forum.vivanews.com/showthread.php?t=23268

resep bir kuno berumur 9000 tahun dari China

Posted: 07 May 2011 06:32 PM PDT

IkadaNews - Anda pecinta minuman bir? Ahh... Ada kabar gembira. Racikan bir kuno ala Cina yang sangat alamiah bakal diluncurkan. Bahan-bahan bir itu diambil dari tumbuhan. Racikan bir kuno ini konon telah berumur sembilan ribu tahun.

Bir tertua di dunia berusia sembilan tahun itu bernama Chateau Jiahu. Bir Chateau Jiahu menggunakan resep kuno Cina, campuran beras, madu, dan buah. Pembuat bir Dogfish yang mengembalikan bir ribuan tahun tersebut ke "alam" ini. Sebelum membuatnya, pembuat bir meneliti bir ribuan tahun ini berdasarkan kendi bir yang ditemukan para arkeolog di desa Neolithik di Jiahu, Provinsi Henan.

Beras dan barley malt dicampurkan agar hancur, sehingga hanya tinggal sari patinya dan degradasi. Bahan bir tersebut kemudian dituang ke panci dan ditambahkan dengan madu, anggur, buah hawthorn, dan bunga krisan. Seluruh campuran direbus selama 45 menit, kemudian didinginkan. Cairan manis yang dihasilkan, dan kemudian dicampurkan ragi sake, lalu dibiarkan berfermentasi selama sebulan.

Bir berdasarkan ramuan kuno memiliki rasa yang unik, tidak terlalu lembut dan manis tapi bikin ketagihan. Sayangnya, tidak semua orang bisa menikmati bir ini karena dijual terbatas hanya pada musim panas.

Mungkin Anda penasaran ingin mencicipi bir kuno ala resep Cina ini? Sabar. Tunggu saja.


http://forum.vivanews.com/showthread.php?t=110744

Inilah Tempat Prostitusi Yang Paling Banyak Diminati Di Dunia

Posted: 07 May 2011 06:45 AM PDT

IkadaNews - Pekerjaan paling tua di dunia ini dan tidak akan mati termakan zaman adalah prostitusi. Meski begitu, bisnis prostitusi sekarang ini tidak bisa menghindar dari persaingan sesama, yang memaksa mereka untuk menciptakan rumah prostitusi yang inovatif. Di bawah ini daftar  tempat prostitusi paling inovatif di dunia :

1. Daily Planet

Tempat ini berada di Melbourne, Australia, dan jangan kaget, Daily Planet punya saham dan sudah diperdagangkan secara legal mulai 2003. DailyPlanet juga menerima penghargaan Australian Adult Industry Awards.
Didalam tempat ini, anda tidak hanya akan bertemu dengan seks dan seks lagi, tapi juga mesin pinball, meja bilyar, dan jukebox. Yang menarik anda bisa beli oleh-oleh! Banyak macam sih, yang paling aman termasukmouse pad..
Selain itu ada juga member card, yang memungkinkan anda ikutan Platinum Club,dengan hadiah gantungan kunci dan bolpen khusus plus kartu anggota. 9 kali datang, yang ke 10 gratis buat anda!

2. Pascha
Rumah prostitusi yang bertempat di Jerman, kota Cologne (sapa tau ada yang mau mampir), ini tingginya 12 lantai! Punya 120 PSK yang bisa memberikan layanan sampai 1.000 pelanggan sehari!. Tujuan dibentuknya tempat ini adalah untuk memberikan pengawasan, jadi para PSK ndak ada yang praktek ngawur di luaran.
Tapi jangan salah, Pascha ternyata juga membuka hotel, bar, bahkan juga Pizza yang bisa diantar ke rumah anda, jadi nggak cuman urusan esek-esek aja nih. Yang keren, jika anda nggak puas, anda ndak perlu bayar (definisinya puas apa ya?)
Buat anda yang berusia 65 tahun keatas, anda akan mendapat diskon khusus 50%!



3. Soapland
Bukan nama rumah prostitusi sih, tapi ini adalah salah satu servis yang diberikan di daerah lampu merah. Masalahnya di tiap tempat prostitusi di Jepang, tempat seperti ini selalu ada.
Layanannya unik, anda akan dimandikan oleh 'teman baru' anda, di bangku khusus yang memungkinkan si Joni untuk bergelantungan bebas, dengan kata lain,berarti si Joni juga bakal dimandikan dengan seksama dan dalam tempoyang selama-lamanya.

Rondedua, dimulai dengan 'teman baru' anda melumuri badannya yang tingggal berbikini dengan minyak (kayaknya baby oil), terus anda tinggal bobo-boboan, dan 'teman baru' anda akan dengan senang hati me'mijat'badan anda yang lelah dengan badannya yang sudah licin kena minyak tadi.
Ronde tiga,… terserah anda
Ronde empat, baru deh anda disiramin air sampai bersih dan wangi…


4. Bunny Ranch
Tempat yang satu ini, kayaknya benar-benar harus bersaing berat, apalagitempatnya di Nevada, negara bagian yang terkenal banget ama judi dan hiburan malam. Jadi berbagai ide gila meluncur dari pemilik tempat ini.50 prajurit pertama (dari berbagai pangkat) yang datang ke sana akan mendapat hiburan gratis dan selama 50 hari berikutnya akan mendapatdiskon 50 persen.





5. Bordels Mobiles de Campagne
Sejak jaman dulu, orang Perancis memiliki ide ini,. Pada jaman PD I dan PD II, rumah prostitusi berjalan, selalu tersedia. Dulu bentuknya adalah truk trailer dengan 10 orang PSK siap melayani para prajurit Perancis yang sudah 'berpuasa' sekian lama. Ide ini rupanya masih populer dan dimanfaatkan untuk memberikan hiburan seksual yang (mungkin) menjangkau tempat-tempat terpencil juga!



6. Big Sister
Tempat hiburan seksual di kota Praha yang satu ini selalu berada dalam pengawasan video kamera, setiap saat. Berita bagusnya: anda bisa menikmati semua fasilitas yang ada, bahkan bisa dengan gratis!
Berita buruknya: Gratis, sama sekali gratis karena hiburan yang anda nikmati,juga berarti hiburan buat orang lain yang menonton secara online. Mereka inilah yang membayar anda. masih mau?




http://forum.vivanews.com/showthread.php?t=110526

Tragis...Suami Istri Ini Bunuh Diri Bersama

Posted: 07 May 2011 12:15 AM PDT

IkadaNews - Don Flounders (81) dan istrinya, Iris (88) memutuskan mengakhiri hidup bersama setelah Don didiagnosis menderita kanker paru-paru sejak 2007. Pasangan asal London ini membeli obat untuk hewan dan meminumnya, Kamis pekan lalu.
Pasangan yang mengakhiri hidup di Australia ini merekam 'video kematian' menjelang ajal. Video yang segera diunggah di YouTube itu dimaksud untuk kampanye meloloskan aturan hukum agar mereka yang menderita sakit parah diperkenankan mengakhiri hidup. Seperti dikutip dari Daily Mail, mereka ingin video itu bisa membawa sebuah perubahan dalam sistem hukum. Mereka ingin terbit aturan yang memungkinkan teman dan keluarga bisa menjadi saksi ketika ada orang yang ingin mengakhiri hidup mereka sendiri, tanpa takut pada hukum.Selama ini, hukum di Inggris dan Australia memuat aturan bahwa setiap orang yang hadir dalam aksi bunuh diri teman atau keluarga akan berhadapan dengan pengadilan. "Aku ingin memiliki pilihan akhir, bagaimana, dan kapan aku mati," kata Don dalam salah satu penggalan video, seperti dimuat dalam The Sunday Times. "Aku telah mencapai titik di mana kualitas hidup mengerikan. Aku tergantung pada Iris dan duniaku telah menyusut di kamar tidur kecil ini. Tidak ada kehidupan".Jasad pasangan ini ditemukan bergandengan tangan pada hari Jumat di rumah mereka di Waragul, Victoria. Putri mereka Gillian (58) dan anaknya Stephen (52) serta anggota keluarga lain, menyadari niat orangtua mereka.

http://id.berita.yahoo.com/suami-istri-ini-bunuh-diri-bersama-231600865.html

Surga tersembunyi tanah Pasundan

Posted: 06 May 2011 11:55 PM PDT

IkadaNew - Green Canyon berada di Cijulang, Jawa Barat, yang berjarak sekitar 285 km dari Jakarta (31 km dari Pantai Pangandaran).

Tempat ini merupakan sekelompok gua, dengan stalagtit dan stalagmit yang tersembunyi di balik tebing-tebing hijau — mungkin itulah mengapa dinamakan Green Canyon, pelesetan dari Grand Canyon di Amerika Serikat. Orang setempat biasa menyebutnya Cukang Taneuh.

Untuk menuju ke gua, Anda harus menuju dermaga dan membeli tiket. Bila pergi pada saat hari libur (apalagi akhir pekan yang panjang), bisa dipastikan Anda harus menunggu beberapa jam hingga mendapat giliran menaiki perahu menuju gua.


Perahu-perahu wisata yang dioperasikan adalah milik masyarakat setempat, namun diatur oleh pemerintah kabupaten. Satu perahu dapat mengangkut hingga lima penumpang dengan harga sewa Rp 75.000. Bila ingin berenang di gua, Anda dapat menyuruh awak perahu menunggu, tentu dengan biaya tertentu.

Mereka akan meminta Rp 100.000 untuk seharian penuh, namun tentunya Anda tidak akan menghabiskan satu hari di sana. Tawarlah, mungkin Anda bisa mendapatkan Rp 80.000 di musim liburan dan Rp 50.000 ketika sedang sepi pengunjung.

Masing-masing perahu selalu menyediakan pelampung untuk penumpangnya, sehingga bila Anda kurang pandai berenang, jangan terlalu khawatir. Para pelancong biasanya juga memanfaatkan batu-batu gua untuk melompat ke air yang jernih.

Tempat ini masih bebas polusi, pemandangannya pun indah.

Apabila Anda tidak suka berenang, Anda dapat memanfaatkan waktu menikmati pemandangan, juga mengambil gambar. Sebelum pintu masuk gua, terdapat sebuah dermaga kecil yang biasanya digunakan oleh perahu untuk menunggu. Di sana ada beberapa pedagang yang menjual minuman dan makanan kecil.

Salah satu kekurangan dari Green Canyon adalah pemeliharaannya yang masih kurang baik, mungkin karena tempat ini merupakan objek wisata yang relatif baru. Di sini, hanya ada tiga toilet dan sebuah mushola kecil, padahal pada saat liburan pengunjung dapat mencapai hingga ratusan orang.

Namun, penduduk setempat mengambil untung dengan cara menyediakan kamar-kamar kecil dan tempat sholat yang lebih layak, hanya dengan tarif Rp 2.000. Tempat parkir yang ada di seberang dermaga cukup luas, dengan biaya Rp 3.000 untuk sehari penuh.
Di sekeliling area parkir terdapat deretan warung yang menjual nasi dan ikan bakar serta kelapa muda. Mungkin Anda juga ingin menikmati makanan lokal seperti lotek, karedok dan rujak tumbuk. Selain harganya murah, sangat cocok untuk mengisi perut setelah lelah bermain di gua!



Menuju Green Canyon


Dengan mobil pribadi, dari Jakarta Anda dapat melalui tol Cipularang menuju Bandung. Keluar tol di Cileunyi, ikutilah jalan Ciawi-Nagreg menuju Tasikmalaya. Sebelum Rajapolah, Tasikmalaya, beloklah ke kanan dan ambil rute Ciamis-Banjar. Dari sana Anda akan melihat tanda-tanda yang menunjukkan arah ke Pangandaran. Waktu tempuh Jakarta-Cijulang 6-7 jam.

Apabila Anda akan menempuh perjalanan dengan kendaraan umum, dari Terminal Kampung Rambutan, PO Budiman menyediakan bus jurusan Pangandaran. Dari Grogol dan Tangerang juga ada beberapa bus yang melayani rute ini. Sesampainya di Pangandaran, Anda harus berganti bus yang menuju Cijulang. Terminal Cijulang berada sekitar 1 km dari Green Canyon.

Selain jalur darat, terdapat pula penerbangan Jakarta-Pangandaran melalui Bandung sehari sekali dari maskapai Susi Air. Anda sebaiknya memesan tiket jauh-jauh hari.

Informasi lainnya


Lebih baik Anda menyiapkan uang tunai yang cukup, karena ATM terdekat berada sekitar 1 km dari Green Canyon — di Bank BRI tepat di seberang kantor kecamatan Cijulang. Penduduk lokal yang saya temui mengatakan, mesin tersebut sering kehabisan uang tunai.

Bila hal itu terjadi, Anda akan terpaksa menempuh sekitar 4 km untuk mendapatkan mesin ATM berikutnya. Tentu Anda tidak ingin ini terjadi bukan?

Para pengunjung juga dapat melakukan body rafting di sekitar Gua Kelelawar. Aktivitas ini dikelola oleh para awak perahu bekerjasama dengan karang taruna desa setempat. Katakan pada awak perahu  bahwa anda ingin melakukan body rafting dan mereka akan mengantar anda ke tempatnya. Waktu yang dibutuhkan sekitar 3-4 jam dan tentu saja dengan biaya tambahan

Tidak ada akomodasi di sekitar Green Canyon. Hotel paling dekat adalah di Panireman Riverside bibir sungai menuju ke Pantai Batu Karas, sekitar 15 menit dari Green Canyon. Hotel-hotel lain berada di sekitar Pantai Batu Karas, tempat wisata yang akan dibahas pada tulisan selanjutnya.

http://id.travel.yahoo.com/jalan-jalan/99-paradiso-tersembunyi-tanah-pasundan?cid=today

Relief Misterius di Kaki Borobudur

Posted: 06 May 2011 11:49 PM PDT

IkadaNews - Siapa tak terpesona menatap keindahan Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah?
Dibangun pada masa Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra pada tahun 824, Borobudur terdiri dari 1460 panel relief dan 504 stupa. Namun, panel yang selama ini terlihat ternyata belum lengkap. Ada panel-panel yang sengaja ditimbun tanah karena reliefnya dianggap vulgar dan cabul. Panel-panel itu terletak di bagian paling bawah, yang disebut Kamadhatu.
Bagian fondasi tersembunyi itu terdiri dari 160 relief adegan Sutra Karmawibhangga atau hukum sebab-akibat. Panel-panel itu menggambarkan perbuatan yang mengikuti hawa nafsu manusia, semisal: bergosip, membunuh, menyiksa dan memerkosa. Juga ada adegan-adegan seks dalam berbagai posisi.
Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial Universitas Indonesia, Edi Sedyawati mengemukakan, relief Karmawibhangga itu menggambarkan kehidupan masyarakat saat candi itu dibangun.
Ada sejumlah pendapat mengapa relief ini ditimbun. Bisa jadi karena kurang pantas dipertontonkan ke publik, tapi ada pula yang menduga penutupan ini semata-mata demi kestabilan posisi candi — agar tidak amblas.
Terlepas dari perdebatan itu, keseluruhan relief di Borobudur mencerminkan ajaran Budha Mahayana: semakin ke atas semakin mencapai kesempurnaan. Bagian paling bawah atau Kamadhatu menggambarkan perilaku penuh angkara murka dan hawa nafsu yang menyebabkan seseorang masuk neraka jahanam.
Bagian tengah (terdiri dari empat tingkat) dinamakan Rapadhatu, tempat manusia dibebaskan dari nafsu dan hal-hal duniawi. Sedangkan bagian teratas — termasuk tiga teras melingkar yang mengarah ke pusat kubah—disebut Arupadhatu, tempat para dewa bersemayam atau nirwana.
Keberadaan Borobudur sesungguhnya telah diketahui penduduk lokal di abad ke-18. Sempat tertimbun material Gunung Merapi, candi ini lalu ditemukan kembali oleh Sir Stanford Raffles pada 1814. Selanjutnya, pada 1885, arkeolog JW Yzerman mendokumentasi dan merekam reliefnya. Saat itulah, timnya menemukan relief tersembunyi di bagian paling bawah.
Sekitar tahun 1890-1891, bagian yang tertutup itu dibuka seluruhnya oleh fotografer Kasiyan Chepas untuk dipotret satu per satu. Batu bervolume 13000 meter kubik ini diangkat, lalu dikembalikan lagi ke posisi semula.  Hingga hari ini, bagian itu ditimbun tanah sehingga tak seorangpun bisa melihat. Ada tiga panel di bagian tenggara candi yang terbuka--diduga karena proses penutupan kembali yang tak sempurna.
Hasil bidikan Chepas kemudian dibukukan pada 1931. Buku aslinya kini ada di Museum Nasional, Jakarta. Sedangkan klise asli disimpan di Museum Tropen, Amsterdam karena statusnya milik Pemerintah Belanda. Pemerintah Indonesia memiliki replika seluruh foto itu.


http://id.custom.yahoo.com/paling-indonesia/jalanjalan-kuliner-artikel/article-relief-misterius-di-kaki-borobudur-74

Asteroid raksasa akan lintasi bumi

Posted: 06 May 2011 11:44 PM PDT

IkadaNews - California - Para astronom menyiapkan alat guna mengamati asteroid raksasa seukuran pesawat. Asteroid ini akan melintasi bumi dengan jarak sangat dekat. Seperti apa?
Space.com melaporkan, sebuah asteroid seukuran pesawat akan melintasi bumi dengan jarak lebih dekat dari bulan. Namun media itu memastikan, asteroid itu tidak berpotensi mengancam Bumi.
"Tak ada bahaya tabrakan saat asteroid 2005 YU55 mencapai jarak terdekat dengan bumi 8 November mendatang," ungkap para astronom itu.
Jarak terdekat lintasan asteroid ini diperkirakan mencapai 324.604 kilometer dari Bumi, lanjutnya.
Pada titik terdekat itu, para astronom mengaku menjadi bisa mempelajari asteroid tersebut dengan lebih baik.
"Biasanya, obyek angkasa yang melintasi Bumi berjarak cukup jauh. Namun, dengan jarak sedekat ini, perangkat sains di Bumi bisa mengamati dengan baik," papar ilmuwan Jet Propulsion Laboratory milik NASA Barbara Wilson, di Pasadena, California.
Asteroid 2005 YU55 ditemukan para astronom University of Arizona di Tucson pada 2005.

http://id.berita.yahoo.com/wah-asteroid-sebesar-pesawat-melintasi-bumi-181800165.html

Heli misterius untuk menyerang Osama

Posted: 06 May 2011 11:42 PM PDT

IkadaNews - DIREKTUR CIA Leon Panetta menyebutkan, dua helikopter Blackhawk digunakan untuk mengangkut tim penyerang rumah Osama bin Laden di Abbottabad, Pakistan, Senin lalu. Namun, reruntuhan helikopter yang jatuh sama sekali tak menunjukkan ciri-ciri helikopter Blackhawk.
Foto-foto reruntuhan helikopter AS yang jatuh dan kemudian diledakkan oleh anggota pasukan khusus Navy SEALs membuat heboh kalangan pengamat dunia penerbangan di internet. Sisa-sisa bagian ekor, yang menunjukkan baling-baling belakang, sirip tegak, dan sayap horizontal, sama sekali tak menunjukkan ciri-ciri bagian ekor helikopter MH-60 Blackhawk, yang biasa digunakan untuk mengangkut pasukan khusus AS.
Salah satu perbedaan paling mencolok adalah di bagian sayap horizontal. Pada Blackhawk biasa, bagian sayap ini berbentuk membulat di bagian depan seperti umumnya sayap pesawat terbang, dengan guratan garis-garis melintang di sepanjang sayap. Sementara di reruntuhan helikopter ini, ciri-ciri bentuk sayap Blackhawk itu tak ditemukan.
Alih-alih, bagian helikopter di Abbottabad ini justru mengingatkan pada bentuk khas pesawat-pesawat "stealth", seperti F-117, yakni permukaan yang mulus berlapis bahan berwarna gelap, dengan bentuk-bentuk menyudut di bagian sisi. Di bagian motor baling-baling terdapat lapisan penutup menyerupai perisai. Jumlah bilah baling-baling pun lebih banyak daripada jumlah bilah baling-baling Blackhawk standar.
Seketika muncul dugaan, pasukan khusus yang menyerbu rumah Osama itu datang menggunakan helikopter baru berteknologi siluman, yang belum pernah diketahui publik.
"Sekarang kita tahu mengapa sulit mengidentifikasi helikopter yang jatuh itu. Itu adalah helikopter siluman yang dikembangkan secara rahasia, yang kemungkinan adalah versi modifikasi lanjut dari seri H-60 Blackhawk," tutur Bill Sweetman, editor majalah penerbangan Aviation Week.
Tak terdeteksi
Bahan pelapis dan bentuk-bentuk menyudut khas pesawat siluman itu bertujuan untuk memperkecil bidang pantul radar sehingga pesawat ini sulit dideteksi radar. Sementara jumlah bilah baling-baling yang lebih banyak dan lapisan penutup baling-baling, menurut Sweetman, bertujuan mengurangi kebisingan suara khas helikopter. "Bilah baling-baling yang lebih banyak mengurangi suara 'whop-whop' (akibat kibasan baling-baling) yang khas," tutur Sweetman.
Salah satu saksi di Abbottabad, yang diwawancara ABC News, mengaku, ia sama sekali tak mendengar suara helikopter-helikopter itu mendekat. Suara helikopter baru terdengar setelah berada tepat di atas kepala. Penggunaan helikopter berteknologi siluman menjelaskan bagaimana pasukan AS bisa masuk jauh hingga pedalaman wilayah Pakistan dan kemudian keluar ke Afganistan tanpa terdeteksi sistem radar pertahanan udara negara itu.
Pejabat Kementerian Luar Negeri Pakistan Salman Bashir mengaku, Angkatan Udara Pakistan menerbangkan dua pesawat F-16 sekitar 35 menit setelah mendeteksi aktivitas asing di wilayah udaranya. Namun, terbukti pesawat-pesawat tersebut tak berhasil menemukan helikopter-helikopter AS.
Pemakaian helikopter yang sangat rahasia itu menunjukkan bagaimana AS memandang misi ini sangat penting dan sensitif. Meski demikian, terungkapnya proyek helikopter siluman ini mengejutkan para pengamat penerbangan.
AS pernah mengembangkan helikopter berteknologi siluman RAH-66 Comanche pada pertengahan 1990-an. Namun, proyek ini dibatalkan pada 2004 karena biayanya yang terlalu tinggi.
Departemen Pertahanan AS waktu itu berjanji akan menerapkan teknologi Comanche untuk melengkapi armada helikopter yang sudah mereka miliki.
Hingga saat ini tak ada konfirmasi resmi dari pejabat AS tentang helikopter misterius di Abbottabad itu.

http://id.berita.yahoo.com/gunakan-heli-siluman-004552800.html

No comments:

Post a Comment