YOU CAN GET ALL

Saturday, 22 January 2011

WOW!! 20 Langkah Cepat dan Mudah untuk Menyelesaikan Kubus Rubik 3x3x3

untaianberita

WOW!! 20 Langkah Cepat dan Mudah untuk Menyelesaikan Kubus Rubik 3x3x3. Kabar ini mungkin sulit dipercaya para jagoan permainan magic cube atau yang biasa disebut Kubus Rubik. Beberapa ilmuwan berhasil menemukan 20 langkah atau bahkan kurang dari jumlah itu untuk selalu memecahkan permainan Kubus Rubik.

Seperti yang dirilis Daily Mail, sebuah tim ilmuwan telah berhasil menyelesaikan 43,252,003,274,489,856,000 variasi bentuk yang mungkin terkonfigurasi dari mainan yang berbentuk kubus dan terdiri dari enam warna itu.

Sebelumnya para ilmuwan telah lama percaya bahwa angka 20, atau yang sering disebut ‘Angka Tuhan’, adalah jumlah langkah yang paling mungkin untuk menyelesaikan misteri Rubik tetapi sayang belum ada perangkat yang cukup canggih untuk memastikan klaim itu.

Tetapi kini, dengan menggunakan super komputer Google, para ilmuwan itu menemukan bahwa hanya 300 juta variasi bentuk yang membutuhkan 20 langkah, sisanya hanya butuh 15 sampai sembilan belas langkah untuk menyeragamkan warna enam sisi berbeda dari mainan berbentuk kubus itu.

Profesor Morley Davidson, seorang pakar matematika dari Kent State University, Ohio, Amerika Serikat, beberapa ilmuwan dari Kalifornia dan Jerman, bergabung dalam tim berisi para insinyur dari Google untuk memecahkan misteri Kubus Rubik itu.

Davidson mengatakan ‘sangat mustahil’ mencoba dan menguji semua konfigurasi itu satu persatu sendirian, sehingga mereka membagi kombinasi itu menjadi 2,21 miliar kelompok dari 20 miliar posisi. Tim itu kemudian menggunakan simetri untuk mengurangi jumlah konfigurasi yang mungkin.

“Jika Anda mengambil sebuah Kubus Rubik yang telah diacak dan memutarnya, Anda sebenarnya tidak membuatnya lebih susah karena Anda tetap memerlukan jumlah langkah yang sama untuk memecahkan teka-teki itu,” tulis para periset itu dalam laman resmi mereka.

Angka istimewa 20 dikenal sebagai ‘Angka Tuhan’ karena mengacu pada algoritma yang paling efisien dalam pemecahan teka-teki yang menuntut rangkaian langkah paling pendek. Sejak pertama kali ditemukan, para ilmuwan telah berusaha memecahkan misteri jumlah langkah maksimal yang dibutuhkan untuk memecahkan mainan kreasi Erno Rubik itu.

Pada 1992 Hans Kloosterman telah berusaha membuktikan bahwa hanya perlu 42 langkah untuk menyelesaikan permainan otak ala Rubik dan Silviu Radu pada 2006 menyatakan langkah yang diperlukan hanya berjumlah 27.

Kubus Rubic di temukan Erno Rubik, pemahat dan profesor arsitektur asal Hongaria pada 1974 tetapi baru diperkenalkan padatahun 1980 dan langsung menjadi fenomena. Sementara itu hingga kini, Scotsman Breandan Vallance, yang masih berusia 18 tahun adalah pemegang rekor tercepat memecahkan teka-teki Rubik dengan catatan waktu 10,74 detik. (hd/antaranews.com)

sumber : metrogaya.com

No comments:

Post a Comment