YOU CAN GET ALL

Saturday 1 January 2011

Profil Ahmad Dhani

untaianberita

HMAD DHANI
TerkiniProfilGaleri (0)Dalam Berita (187)
Profil

Nama: Ahmad DhaniNick Name: Dhani
Tanggal lahir: 26 Mei 1972Status: Duda
Zodiak: GeminiLahir di: Surabaya
Debut: Album Dewa 19 (1992)Awards and Recognitions: MTV Southeast Asia Viewer's Choice Award 2000
Sejak di bangku SMP, Ahmad Dhani sudah getol bermain musik. Awalnya, lewat semacam band sekolahan, bersama tiga karibnya: Andra Junaidi, Erwin Prasetya, dan Wawan Juniarso. Pada 1986, mereka membentuk kelompok Down Beat, di SMPN 6 Surabaya. Kelompok inilah cikal bakal grup Dewa 19.
Setelah sempat bongkar pasang personil, dan lulus sekolah menengah atas, Dewa 19 hijrah ke Jakarta pada 1992. Album perdana mereka bertajuk Dewa 19 meledak di pasaran, dengan hits seperti "Kangen" dan "Kita Tidak Sedang Bercinta Lagi". Album itu tercatat terlaris pada 1993. Dewa 19 juga meraih predikat pendatang baru terbaik.
Selanjutnya, kelompok anyar itu terus mendulang sukses. Berturut-turut albumnya menggoyang jagad musik tanah air. Di antaranya, Format Masa Depan (1994), Terbaik Terbaik (1995), Pandawa Lima (1997), The Best Of Dewa 19 (1999), Bintang Lima (2000), Cintailah Cinta (2002), Atas Nama Cinta I & II (2004), Laskar Cinta (2004), Republik Cinta (2006), dan Kerajaan Cinta (2007). Grup ini tetap eksis, meski kerap gonta-ganti personil.
Dhani tak hanya melejit lewat Dewa 19. Pada 1997, dia mencoba warna lain dengan Ahmad Band. Dari grup ini, melesat lagu Kuldesak dan Aku Cinta Kau Dan Dia. Lalu, Dhani membentuk band The Rock setelah bertemu tiga anggota band Hospital The Musical, yaitu Clancy Alexander Tucker, Zachary Haidee-Keene, Michael Bennett di Studio 301, Sydney Australia. Agustus 2007, album pertama The Rock bertajuk Master Mister Ahmad Dhani I mencetak single Munajat Cinta.
Lelaki kelahiran Surabaya itu, rupanya diberkahi tangan dingin. Dia, misalnya, berada di balik suksesnya Reza Artamevia sebagai penyanyi pada 1997. Sejak saat itu, Dhani mulai menangani artis lain. Sejumlah bakat-bakat baru dalam dunia music pun lahir.
Setelah The Virgin, Dhani kembali mengorbitkan band baru The Moon, dan band dengan personil tiga anak lelakinya, Lucky Laki serta beberapa band baru lainnya. Dalam album kompilasi bertajuk New Beginning 09 dirilis awal Juni 2009, ada sembilan band tergolong baru yaitu The Virgin, The Law, Lucky Laki, The Moon, Zewex and The Cuncuzna, Airplay, Rafflesia, Kamusuka, dan Tiramizu.
Sosok Kontroversial
Ahamad Dhani njuga akrab dengan kontroversi. Ia pernah digugat penulis novel Arjuna Mencari Cinta, Yudhistira ANM Massadi karena Dewa memakai judul novel karyanya sebagai judul salah satu lagu di album Cintailah Cinta. Seiring pergantian judul lagu menjadi Arjuna, gugatan mereda. Tak putus sampai disitu, Front Pembela Islam (FPI) memprotes logo baru Dewa yang berbentuk bintang enam dikatakan serupa dengan lafal Allah. Kecaman berdatangan ketika Dhani dianggap menghina dengan menginjak-nginjak simbol itu ketika manggung.
Pakar telematika Roy Suryo pernah melaporkan Dhani karena memakai simbol negara, bendera merah putih dalam video klip Dewa 19 bertepatan hari Valentine Februari 2009. Hasilnya, konflik ini mendongkrak kepopuleran video klip Dewa 19 di dunia maya.
Menjelang Pemilu 2009, Ahmad Dhani pernah mengikuti tren para artis mencoba peruntungan menjadi calon presiden lewat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Tapi belakangan Dhani lebih memilih berkarir di musik, ketimbang berkiprah di dunia politik.
Dhani juga sempat berkonflik dengan Pemerintah DKI Jakarta pertengahan Juni 2009. Pemda menyegel rumahnya di bilangan Pondok Indah Jakarta Selatan, dengan alasan menyalahi tata ruang kota.
ASMARA
Dhani menikah dengan Maia Estianty pada awal 1994. Mereka dikarunia tiga orang anak, yaitu Ahmad Al Gazali, El Jalaluddin Rumi, dan Ahmad Abdul Qodir Jaelani. Nama para putranya itu diambil dari nama para filsuf Islam idolanya.
Kehidupan rumah tangganya banyak menarik perhatian. Dhani-Maia mulai kisruh pada akhir 2006. Dhani meminta istrinya agar keluar dari Ratu, dan memperbaiki rumahtangganya. Maia dituding terlalu sibuk, dan menelantarkan anak-anak mereka.
Hubungan mereka memburuk, dan berakhir dengan perceraian pada 23 September 2008. Hak asuh ketiga anak mereka, Al, El, dan Dul jatuh ke tangan Maia. Meski begitu, ketiga putranya masih tinggal bersama Dhani. Untuk merebut hak asuh anak, Dhani mengajukan banding ke pengadilan.
Setelah perceraian itu, Dhani membuat kehebohan baru dengan menyatakan telah menikah lagi. Tak tanggung-tanggung, dia mengaku menikahi empat orang istri sekaligus. Dhani adalah artis yang mendukung, dan berniat menerapkan poligami. Keputusan itu diambil setelah mendapat restu dari ketiga anak-anaknya.
Dalam berbagai kesempatan, Dhani sering sesumbar dirinya punya empat orang istri setelah berpisah dari Maia. Siapa para istri baru Dhani itu? Salah satu kabar mencuat adalah seorang perempuan bernama Yuni. Tak banyak informasi seputar data istrinya ini, Tapi, kabar lain menyebut dia menikah siri dengan Mulan Jameela. Keduanya dikabarkan berencana menikah resmi pada 2010.

No comments:

Post a Comment