YOU CAN GET ALL

Saturday, 22 January 2011

Gn. Bromo Memuntahkan Debu Berbahaya

untaianberita

Fenomena Aneh!! Letusan Gunung Bromo Mengeluarkan Asap Buat Langit Jadi Merah [FOTO]. Penampakan unik terbaru 1/12/10. Probolinggo – Asap pekat kecokelatan terus dikeluarkan Gunung Bromo. Asap dari abu vulkanik tersebut saat membumbung tinggi di langit warnanya berubah menjadi kemarah-merahan.

Delapan hari setelah penetapan status awas, aktivitas Gunung Bromo belum menunjukan kondisi membaik. Bahkan semburan abu membuat langit berwarna cokelat kemerah-merahan, Rabu (1/12). Langit di atas Bromo berubah warna setelah abu tebal menyembur dari kawah. Fenomena Aneh!! Letusan Gunung Bromo Mengeluarkan Asap Buat Langit Jadi Merah [FOTO].

Suasana langit merah tersebut terlihat jelas di kawasan Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. “Asap itu adalah abu halus bercampur dengan gas belerang,” kata Kepala Bidang Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Gede Suantika, saat dihubungi Rabu (1/12/2010).

Asap tersebut, kata Gede, berbahaya jika mengenai tanaman. Dalam konsentrasi tertentu tanaman akan mati jika terus menerus terkena debu asap itu. Untuk manusia, Gede mengatakan bahwa kadar asap tersebut masih di ambang batas. Yang penting warga yang ‘dikirimi’ hujan abu mengenakan masker. “Itu hal yang biasa saat gunung api meletus,” tutur Gede.

Abu berwarna kemerah-merahan disaksikan dari Dusun Cemorolawang Probolinggo. Fenomena Aneh!! Letusan Gunung Bromo Mengeluarkan Asap Buat Langit Jadi Merah [FOTO].

Semburan abu dari kawah berwarna cokelat. Setelah terbang tertiup angin berubah kemerah-merahan. Fenomena Aneh!! Letusan Gunung Bromo Mengeluarkan Asap Buat Langit Jadi Merah [FOTO].

Normalnya, lanjut Gede, dalam 5 menit asap yang membumbung ke udara akan luruh atau jatuh dengan sendirinya. Tetapi hal itu juga tergantung kepada arah dan kekuatan angin. Jika angin bertiup kencang dan kuat, maka debu halus itu akan cepat turun dan tidak berlama-lama mengendap di udara. “Saat ini angin masih meniup asap Bromo ke utara atau ke arah Tosari, Pasuruan,” tandas Gede.

Wisatawan menyaksikan semburan abu dari Dusun Cemorolawang yang hanya berjarak 3 Km dari kawah. Fenomena Aneh!! Letusan Gunung Bromo Mengeluarkan Asap Buat Langit Jadi Merah [FOTO].

“Asap itu adalah abu halus bercampur dengan gas belerang,” kata Kepala Bidang Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Gede Suantika. Fenomena Aneh!! Letusan Gunung Bromo Mengeluarkan Asap Buat Langit Jadi Merah [FOTO].

sumber : detik.com dan foto.detik.com

No comments:

Post a Comment