YOU CAN GET ALL

Sunday 5 December 2010

Jakarta, Yang Bocor cuman 3%

untaianberita


Jumat, 03/12/2010 20:02 WIB
WikiLeaks Beraksi
3 Persen 'Dokumen Rahasia' Bocor Dari Jakarta?
Abimanyu Wachjoewidajat - detikinet


Jakarta - Terkait isu Wikileaks bakal merilis 3059classified document, semua pihak yang terkait baik dari Indonesia maupun USA pasti telah melakukan langkah-langkah antisipatif. Benarkah 3 persen 'dokumen rahasia' yang bocor dari adalah Jakarta?

Nah, bagi yang sempat menyambangi Wikileaks pasti bisa menemukan informasi mengenai cablegates yang marak diberitakan minggu-minggu ini.

Singkatnya begini, anggap hari ini saya termasuk yang beruntung karena berhasil mendapatkan daftarcablegates tersebut dalam bentuk grafik.

Dari grafik tersebut diperlihatkan bahwa ada tiga jenis dokumen yang berkaitan dengan cablegates yaitu:Unclassified, Confidential dan Secret.

Dengan tiga info kategori itu saja maka dugaan adanya 3059 classified document sudah gugur. Pasalnya unclassified jelas bukan termasuk didalamnya.

Disana terlihat kawat yang paling banyak terkirim adalah dari Secretary of State. Sedangkan bocoran informasi dari Embassy di Jakarta menduduki ranking ke 13 terbanyak dibandingkan dengan embassy lainnya atau yang ke 16 dari seluruh urutan ranking per kantor.

Lalu atas grafik yang Embassy Jakarta tersebut saya mencoba melakukan kalkulasi terbalik yaitu mengubah gambar menjadi persentasi. Bila grafik merah = secret, orange = Confidential, dan Hijau = Unclassied maka berarti:
  • 3,5 persen (107 dokumen) adalah Secret
  • 48 persen (1468 dokumen) adalah Confidential
  • 48,5 persen ( 1484 dokumen) adalah Unclassified

No comments:

Post a Comment