Ribuan Pengemudi Tujuan Jakarta Terjebak Lima Jam
Cianjur (ANTARA News) - Ribuan pengemudi dengan tujuan Jakarta dari arah Cianjur, Jabar, Minggu, terjebak hingga lima jam di jalur Puncak-Cianjur, sebagian besar memanfaatkan berbagai tempat seperti restoran untuk beristirahat.

Akibat macet sepanjang 20 kilometer yang melanda kawasan tersebut, membuat pengemudi kendaraan roda empat yang terjebak macet, memilih untuk memarkir kendaraanya.

Pantauan di lokasi, akibat macet panjang menuju arah Jakarta, membuat pengendara yang sebagian besar pendatang dan berbaur dengan pemudik yang hendak kembali ke Jakarta, memilih tempat istirahat seperti rumah makan dan tempat wisata.

"Kami memilih berbalik arah ke Kebun Raya Cibodas ini karena hampir lima jam terjebak di kawasan Puncak. Sambil menunggu diberlakukanya satu arah menuju Bogor," kata Ikhsan (35) pengemudi asal Jakarta Timur.

Hal yang sama dilakukan keluarga H Sarief (58) warga Jakarta Utara, yang hendak kembali ke Jakarta, usai bersilaturahim dengan keluarganya di Cianjur, memilih istirahat di salah satu restoran di Jalan Raya Pasekon.

"Sudah hampir 5 jam kami istirahat di restoran ini, sambil berbelanja oleh-oleh yang banyak di tawarkan. Dari Cianjur ke Cipanas yang biasanya hanya makan waktu 15 menit, karena macet, hampir dua jam baru sampai," ucapnya.

Sementara itu, akibat macet yang sangat panjang itu, mendatangkan rejeki bagi para penjual sayur mayur sebgai oleh-oleh cirri khas Puncak, yang banyak terdapat di sepanjang Jalan Raya Pasekon.

Yeye (56) salah seorang pedagang sayur mayur, mengaku mendapatkan keuntungan yang cukup besar, selama antrean panjang kendaraan terjadi. Pasalnya banyak penmgemudi beserta keluarganya memilih untuk istirahat sambil berbelanja oleh-oleh.

"Dibandingkan tahun lalu, jauh sekali. Penghasilan kami satu hari ini saja, meningkat hingga 80 persen. Biasanya hanya dapat Rp 100-150 ribu," katanya.(*)
(U.K-FKR/R009)